Sunday 6 March 2016

Seputar Pengalaman Menggunakan PayPal

Ada banyak alat pembayaran virtual (payment
processor) yang digunakan dalam transaksi di dunia maya. Pada intinya e-currency atau payment processor adalah rekening virtual yang digunakan untuk transaksi keuangan di internet. Salah satu rekening virtual yang paling banyak digunakan oleh para internet marketer adalah PayPal, sebab rekening virtual yang satu ini dikenal memiliki tingkat keamanan yang paling tinggi diantara rekening-rekening virtual lainnya.
Saya telah menggunakan PayPal sejak sekitar dua tahun yang lalu untuk menerima pembayaran dari bisnis gratisan yang saya lakukan di internet seperti mengisi survey online berbayar (Paid Surveys), mengikuti program-program Paid to Click (PTC), dan sebagainya. Saya akan share pengalaman-pengalaman mengikuti program-program tersebut pada artikel-artikel berikutnya. Sekarang saya akan khusus membahas seputar pengalaman saya menggunakan PayPal, yaitu PayPal Indonesia.

Pada awalnya saya ragu untuk menggunakan PayPal. Hal ini disebabkan dari hasil saya searching informasi seputar PayPal di internet, ada begitu banyak informasi yang kurang benar misalnya akun PayPal harus terverifikasi (verified) untuk bisa melakukan penarikan (withdraw) ke bank lokal. Pada kenyataannya tidaklah serumit itu. Sejauh ini saya sudah cukup sering melakukan transaksi di PayPal yaitu menerima pembayaran, melakukan deposit, melakukan penarikan ke rekening BCA saya dan semuanya berjalan lancar-lancar saja walaupun rekening PayPal saya sampai saat ini statusnya masih belum terverifikasi (unverified).

Berikut screenshot beberapa penarikan atau withdraw dari paypal (unverified) saya ke rekening BCA:



Seperti yang terlihat pada gambar, status penarikan saya lancar-lancar saja dan terkirim ke rekening BCA saya dalam waktu 2-3 hari. Ini membuktikan bahwa PayPal yang belum terverifikasi tetap dapat digunakan untuk melakukan penarikan, yaitu penarikan dengan nominal hingga $10.000. Ya, PayPal membatasi jumlah penarikan untuk akun PayPal yang belum terverifikasi yaitu hanya boleh melakukan penarikan sampai dengan $10.000 dalam satu bulan. Jadi, apabila kita ingin melakukan penarikan di atas jumlah tersebut dalam jangka waktu satu bulan, maka barulah kita membutuhkan akun Paypal yang verified. Oh ya, untuk penarikan di bawah Rp 1,5 juta, kita dikenai biaya sebesar Rp 16.000. Sedangkan di atas jumlah tersebut kita dapat melakukan penarikan secara gratis. Adapun untuk transaksi pengiriman atau transfer untuk akun PayPal yang belum terverifikasi tidak dikenai limit jumlah apapun seperti pada transaksi penarikan.

So, dari pengalaman saya tersebut, saya simpulkan bahwa menggunakan PayPal dalam berbisnis dan bertransaksi di internet relatif simple dan mudah..

Well, be sociable and share!
See you in the next post :)



No comments :

Post a Comment